Jumat, 21 Maret 2014

Yuk,, Belajar Dari Tata Surya Kita!

Yuk,,Belajar Dari Tata Surya Kita!
By : Riyani Maulia
     Mungkin tidak asing lagi bagi kita mendengar susunan tata surya di pelajaran IPA,,bahkan sudah berada di luar kepala. Mengapa saya memilih tema ini? Karna jika kita amati,,susunan tata surya kita sangat mudah untuk masuk dalam logika kita.

    Susunan tata surya kita terdiri dari 8 planet dan berbagai macam satelit. Telah kita ketahui,, 8 planet itu memiliki masing-masing kala rotasi dan kala revolusi nya sendiri. Begitu pun dengan satelit yang memiliki kala revolusi dan kala rotasi masing-masing. Mereka akan berevolusi menuju pusat nya,yaitu Matahari.

   Masing-masing planet beserta satelit nya itu,akan mengintari matahari sesuai dengan lintasan nya dan memiliki jarak yang begitu ideal .begitu lah kekuasaan ALLAH SWT. Yang menciptakan segala nya dengan begitu tertata rapi dan hampir saja diluar jangkauan pemikiran manusia.

    Mengapa kita harus belajar dari susunan tata surya kita? Karna,kita juga memiliki hal yang sama seperti planet dan satelit nya, yaitu jalur lintasan yang tersusun rapi,memiliki hal yang sama sepeti kala rotasi dan kala revolusi serta juga kita memiliki pusat seperti matahari. (ini hanya perumpamaan saja ya)

    Perlu diketahui dan tanpa kita sadari,kita memiliki jalur pemikiran yang memiliki lintasan masing-masing. Jika jalur pemikiran kita tidak berjalan sesuai lintasan nya,,maka pemikiran kita akan selalu negative dan tidak dapat membentengi akhlak dan perilaku kita (nanti dibilang orang stress lagi..hehe).itulah manfaat nya jika kita lebih memperbanyak pemikiran yang positif daripada yang negative (ok!)
  
    Begitu pun jika kita mengalami hal yang sama seperti rotasi dan revolusi. Ada saat nya kita ingin berfikir sendiri dan tanpa bantuan orang lain . Namun,,disetiap ada rotasi pasti terdapat revolusi,teman yang akan membantu dan menemani kita untuk mengelilingi pemikiran pusat kita. Kita tidak akan bisa maju jika tidak ada bantuan dari orang lain. (harus menerima kritikan yang baik dari orang lain ya)

    Jika planet dan satelit nya berevolusi menuju Matahari,begitu pun juga kita. Kita juga memiliki pemikiran pusat yang akan memengaruhi sisitem kerja tubuh kita. Pemikiran pusat kita terdapat di otak kita. ALLAH SWT. Telah memberikan kita otak kecil dan otak besar untuk berfikir dan untuk mengembangkan bakat yang kita miliki.

    Disetiap hal yang begitu kecil,mungkin terselip hikmah dan pelajaran yang begitu bermanfaat. Jangan remeh kan ilmu yang telah ada. Karna di setiap kehidupan ini,kita akan membutuh kan yang nama nya ilmu dan logika. Manfaat kan ilmu dengan baik dan amal kan jika kamu sudah memahami.

    Semoga apa yang terdapat dalam tulisan ini memiliki manfaat untuk kita bersama. Maaf,jika terselip kata-kata yang salah atau kurang jelas pengertian nya. Karna,saya masih dalam proses tahap pembelajaran.

*To Be Continued… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar